berubah

Sudah 20 tahun aku hidup di desa ini, hampir tiap hari aku memandang desa tercinta ini, aq selalu berpikir dari dulu, bagaimana kehidupan kedepannya desa ini? tahun depan, dua tahun lagi bahkan 5 tahun lagi? apakah masih seperti ini?

5 tahun yang lalu, sejak SMP setiap pulang sekolah aq selalu jalan kaki, langkah demi langkah yang kulewati, pemandangan kanan kiri, rumah2,jalanan, dan pepohonan tak luput dari pandanganku… apakah tahun depan ini bakalan berubah? apakah masih seperti ini? hampir tiap hari aq berpikir seperti itu.

Kini sudah 5 tahun dari banyanganku dulu, benar2 semuanya sudah berubah, hampir seluruhnya… tak kusangkah apa yang kupikirkan dulu benar2 terjadi,tidak ada lage tanah kosong yang sering kujumpai 5 tahun lalu, jalanan semakin sempit, kalau dulu hampir tiap rumah aq melihat pohon besar yang tumbuh di depan rumah, tapi sekarang hanya ada beberapa rumah yang bisa dijumpai dengan pohonnya.

Orang2 yang dulu yang sering aq jumpai sekarang jarang lagee, ada yang meninggal, ada yang sudah berkeluarga, ada yang hilang entah kemana, temanku yang dulu yang bermain denganku, kini tak lage terlihat, aq seperti hidup sendiri. Dulu meskipun anak cewek sangat sedikit hampir 2:8 dengan anak cowok,tapi setiap ada acara kita selalu berkumpul. Sekarang mereka sudah dewasa, bukan seperti dulu lagee, mereka mempunyai kehidupan sendiri2. Tinggal aq yang terlihat, hanya aq yang tersisa, kemanakah semua temen2 ku dulu?

Tahun lalu aja kita masih bisa berkumpul. Tapi tahun ini, dimalam tasyakuran malam agustusan aq benar2 merasakan kesepian, gada lagi remaja2 seperti tahun, dimana tahun lalu kita masih sempat berkumpul, meskipun jarang sekali bertemu, sekarang semuanya berubah gada lagi keramaian seperti tahun lalu, gada lagi gabungan RT yang biasanya kita lakukan setiap bulan agustus waktu acara malam agustusan, gada lagi remaja2 yang semangad di RTku hanya tinggal beberapa yang ku lihat, sampai2 lomba yang biasanya kita lakukan sebagai anggota karanga taruna kini gada lagi semangad itu, tahun lalu meskipun cuma berdua ceweknya tapi kita bisa menghendle semuanya, sekarang tinggal aq sendiri.

aq sedih sekali, kalau banyak anak kecil yang menanyakan kepadaku, yang biasanya mereka lakukan menjelang lomba agustusan, aq gag bisa menjawabnya, karena aq sendiri gag yakin apakah masih ada atau gada lagi kegiatan agustusan seperti tahun lalu, aq bener2 gag semangat lagi, tapi meskipun begitu aq bersyukur masih ada anggota karang taruna lainnya yang masih peduli dengan semngat kemerdekaan, mereka sengaja tidak menanyakan padaku, karena mereka tw sekarang ceweknya tinggal aku, setiap sabtu dan minggu sebelum tanggal 17 mereka mengadakan lomba, meskipun gag seramai tahun lalu, tapi setidaknya acara seperti ini masih ada dan gag sedikit anak2 yang menyambut gembira kegiatan ini. aq juga gag tw nanti sp saja yang mengurusi hadiah2nya nanti, karena tahun kemaren yang menghendle semua itu aq dan satu temen cewekku… yang penting semuanya masih ada.

Hari ini tanggal 16 agustus, malam tasyakuran menyambut kemerdekaan tanggal 17 agustus. Dari page aq sudah antusias mengikuti acara ini. aq berharap bisa bertemu dan berkumpul dengan teman2 remaja disini, tetangga teman2 sesama anggota karang taruna, dan semua orang yang jarang aku temui di hari biasa. hampir acara di mulai aq jarang sekali melihat teman2 yang aq temui tahun lalu, semuanya berubah aq merasa kesepian, mereka menemukan kehidupan yang baru gada lagi yang terlihat, hanya tinggal aq dan beberapa tetanggaku, dan para ibu2 yang sangat antusias dengan acara ini, gag terkecuali anag kecil, dimanakah teman2ku yang lalu kita berkumpul disini, bercanda, saling berbagi pengalaman karena jarang ketemu? sungguh hal seperti ini tidak bisa aq liad lagee….

63 tahun Indonesia merdeka, dimanakah semangat teman2 ku, apakah hanya tinggal aq? desa ku ini sudah berubah, aq seperti orang asing hidup disini, entah karena aq jarang keluar atau karena aq kurang pergaulan, aq seperti hidup di daerah orang, bahkan aq tidak mengenali beberapa penduduk yang tinggal disini, inikah desaku tempatku hidup, tempatku mengadu? sungguh aq gag percaya semunya bisa berubah begitu cepat, aq seperti pendatang baru yang ingin memulai hidup baru, aq sendiri, aq kesepian apakah ini jalan hidupku?

Satu Tanggapan to “berubah”

  1. assalamu’alaikum…
    Subhaanalloh….
    mau comment pa ya>>>>>????
    af1 klo jadi bertanya diri sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: