2 hari jadi tele marketing

heheheh… sebelumnya maav neech klu aq sok tw, ini sekedar pengalaman aja kok…. :D

dsc02182Beberapa hari yang lalu aq mencoba melamar jadi marketing di salah satu bank swasta, awalnya aq hanya mencoba-coba, karena aq masih kerja di tempat lain. tapi ternyata aq diterima dan waktu itu juga aq langsung bekerja, sebagai telemarketing yaitu pekerjaan semcam sales/marketing namun yang demikian ini hanya dilakuakan via telpon, jadi kita menawarkan barang menggunakan telpon.

wah-wah awalnya sempet ragu karena aq sama sekali gaptek dengan dunia bank :( , apalagi masalah kartu kredit, duch bener-bener gag yakin, lah wonk rekening bank aja gag punya, heheheh… :D gag punya uwang gede sich..

selama ini nabung hanya di tabungan kaleng di rumah gag pernah ke bank, hehehehe…. :D , tapi berhubung supervisornya baik banged and dengan sabar ngajarin aq secara detail jadi marketing bank. akhirnya bermodal sedikit buku panduan dan bebrapa database yang aq pegang, mulai dech praktek jadi tele marketing bank.

sebelumnya aq mempelajari dulu tentang beberapa kartu kredit yang aq tawarkan nanti, kegunaan, macam-macam, dan cara mendapatkannya. satu ilmu yang aq dapet dari sini yang sebelumnya sama sekali aq gag tw, hehehehe… terus database, data semacam biodata seseorang lengkap dengan no telpon, alamat serta kerjaan dan jabatannya, tapi database bisa juga hanya sekedar no telpon seorang penguasa yang terbiasa menggunakan kartu kredit dalam kehidupannya sehari-hari. kegiatan ini tidak mudah seperti yang orang bayangkan seperti menjadi sales yang menawarkan suatu barang dan membujuk klient untuk membeli barang yang kita tawarkan, tapi harus dengan trik dengan pengucapan yang benar dan halus agar nasabah yang kita tawarkan tertarik, dengan bantuan via telpon kita harus berusaha sebaik mungkin dengan tutur kata yang lembut dan sopan karna telemarketing ini hanya mengandalkan suara dan cara penyampaiannya yang benar, dengan penggunaan bahasa indonesia yang baku maka secara tidak langsung apabila ada nasabah yang tertarik dengan barang yang kita tawarkan berarti kita berhasil menarik perhatian nasabah lewat suara dan pengucapan kita :D

telemarketing2tapi tidak semua orang berhasil mendapatkan nasabah yang kita inginkan, kadang para nasabah banyak yang kecewa dengan cara kita menawarkan, kadang juga mereka kecewa dengan barang yang kita tawarkan maka tidak perlu kaget kalu ada nasabah yang secara tidak sopan menolak tawaran kita, ada juga yang berkata kasar kalau sampai cara kita juga tidak benar dalam menyampaikannya. selain itu menjadi telemarketing harus mempunyai kepandaian merayu dan membujuk para nasabah, jika ada nasabah yang menolak tawaran kita tidak mustahil akhirnya nasabah itu menerima tawaran kita jika kita tetep berusaha menerangkan keuntungan barang yang kita tawarkan.

selama 2 hari aq banyak banged pendapat pengalaman dalam kerjaan ini, tapi maav klu sok tw, bagi para pekerja tele marleting yang udah lama di bank harap dimaklumin yee…? ini yang aq tau selama 2 hari jadi marketing, hehehehe….

yah gitu dech aq cuma 2 aja, setelah itu AQ kembali ke kerjaanku sebelumnya, hahahaha…..

semangad2.. :D

About these ads

50 Tanggapan to “2 hari jadi tele marketing”

  1. heii

    w juga tele bank mega

    leh donk tukeran data

  2. Rentha Supa Says:

    ha..ha…

    Aku juga marketing lho….di Bank Mega Syariah

    Pernah ngga’ kamu ketemu nasabah yang Katroxs banget….
    pernah dulu ada nasabah yang mo pencairan kredit… karena tu kantor di lantai dua,,, si Nasabah ngelepas sendal dan bilang ke semua karyawan…. misi pak..buk…. numpang lewat

  3. w bsk mo wwncr jd telemarketing,tp w sm sx g tw soal tele ini
    w g tw gmn mulai ngomong m cln klien.ajarin donk………..

  4. wah. . . kalo jadi telemarketing aja cuma bertahan 2 hari, sekarang kerja apaan ya??
    pasti lebih hebat dari pada jadi telemarketing :D

    lanjutin dunk, postingnya…
    gmana cara – cara telemarketing langkah demi langkah sampai bisa bikin deal pada konsumen
    PASTI DITUNGGU2 Pembaca, seperti saya…
    karena adik saya mau interview , maut ahu apa aja step-stepnya :D
    terimaakasih yaa. . . !!!!

  5. hahaha … mbk2 mas2 aq ini hanya 2 hari saja, dan pengalaman itu udah aq posting semua, hanya itu yang aq tau, jdi klu mau tw selebvihnya di coba dech ngalamar jdi tele bank, banyak kok .

    asal mulut kita kuat ajja, sering2 minum, kekekekek ….

  6. Mba, aku lg penelitian/skripsi ttg telemarketing..
    Agak kesulitan dlm mencari respondennya.klo mba ga keberatan,
    aku pengen mba jd salah satu responden
    Just nanya :
    -jumlah tele di perusahaan mba…
    -target kegiatan per hari itu apa dan brp targetnya
    (jumlah call or jumlah konsumen yg dimantain, dll)
    -intensivenya berapa dan dihitung berdasarkan apa

    mhn bantuannya ya mba..

    • wah , pasti skrng sudah berhasil yach . . kan udah lama tuch ,
      maaf baru skrng ol di blog , sudah lama saya tdk melihat blog ini :)
      sukses selalu yach . .

  7. Datengin aja ketempat mbag dini doloe kerja mbag,,
    toh juga skripsi butuh data yang valid,,jadi sebaiknya survey langsung klo masalah hasill data..Good Luck,,
    hohoho,,

  8. godd goooddd…

  9. Kok g ditawarkan ke gw din? Jd pengin ditlp cwe cakep ni.. hehe

  10. wah kebetulan ni ak lg ada masalah tetang cara menawarkan barang dan product na

  11. memang betul, jadi telemarketing tuh ga mudah seperti yg kita bayangin. dan menurut gw jadi telemarketing itu menjadi keuntungan dikehidupan pribadi kita yang kita jalani sehari2.. toh kita diajarkan intonasi suara sampai nafas pun kita musti atur saat kita bicara.. jadi yang mw masuk TM good luck ya..!!

    • wah benar , sampe skrng hal itu mash saya rasakan , awalnya ribet , tp ternyata marketing sangat dibutuhkan untuk dunia kerja sekarang , sukses selalu yach . .

  12. w besok wawancara jd telemarketing
    thank ya info nya
    good luck

  13. perusahaan kami PT. TRASPAC membutuhkan telemarketing, SPG, presenter untuk produk software e-gov pemerintah, klo berminat email aja CV nya di eko.purwanto@traspac.co.id

  14. Iya, telemarketing itu sangat efektif untuk produk yang berorientasi corporate dan personal

    • meski hanya 2 hari pengalaman menjadi telemarketing smpe skrng sangat berguna bagi pekerjaan saya, ilmu marketing yg digunakan, adalah ilmu umum dlm pekerjaan skrng, usaha apapun marketing tetap ada, so ini adalah pengalaman berharga .. terima kasih bwt comenya , salam hangat saudara . . :)

  15. nich aq jg jd telemarketing, bru 2 mggu.job yg bnr2 baru bagiku.krn sblmnya kerjaanku di admin..wah rasanya berat, msh blm bisa pinter merayu n cari celah konsumen sehingga konsumen dari yg tdk mau menjadi mau,susah bgt.menggiring konsumenpun q jg blm bs. jd ampe seminggu ni q blm dpt pelanggan.targetku 15 pelanggan per bulan.kdang terpikir utk berhenti,tp aq mikirnya aq kalah sebelum perang(bnr gk sichh).yaccch saking putus asanya.bagi2 tips2nya dong agar bisa menaklukkan konsumen…

    • yach benar sekali.. saya dulu jg sering mengalami seperti itu, terkadang saya ingin berhenti padahal waktu itu mash sehari. bener2 berat rasanya, membujuk atau merayu orang bwt nasabah kita..

      marketing sendiri adalah mempengaruhi, jd bagaimana caranya agar para nasabah itu terpengaruh oleh kita, mungkin dg tutur kata yg sangat bijak, penuh dg keyakinan serta kata2 yg mungkin bisa menyakinkan para nasabah, nah gg sedikit kata2 boong sering di lontarkan demi mendapatkan kepercayaan dari nasabah, ini dunia kerja, sangat erat dg dunia saling terpengaruh,. kita berikan contoh bahwa barang / kartu yg kita tawarkan selalu baik digunakan, dan bermanfaat bagi yg memilikinya, tunjukkan apa saja kelebihan barang/kartu yg kita tawarkan sebanyak mungkin tp dg bahasa yg tdk membosankan, harus pandai2 dalam menghadapi masalah sperti ini, carai database nya ajja susah, klu sudah dapat hr membujuk/mempengaruhi para nasabah, yach saya bisa membanyangkan bagaimana sulitnya..

      tp dg sedikit ilmu akan pengalaman ini saya bisa memetik hasilnya sampai sekarang.. pake cara sok tw (pura2 tw pdhl gg ngerti) hehehe… tp itu trik, agar nasabah tertarik dg barang/kartu yg kita tawarkan, tp jgn sering2 boong, sesuatu yg dilakukan secara gg fair, kdang hasilnya jg gg fair, jd yah setahu kmu ajja, apa yg kamu ketahui dr produk/kartu yg kamu tawarkan, tunjukkan kelebihannya, bersikap dan bertutur kata yg wajar penuh keyakinan dan kelembutan, semoga berhasil yach…

  16. SAMA GW STRESS JADI TELEMARKETING DI INVESTMENT TAPI GAJI 2700,000

    • hemm.. mending 2700,000 gw dulu cuma 500rb, bayangin ajja, tiap hari mulut blepotan telponin nasahab demi nasabah, belum lg klu di caci maki, tp perbulan cuma dapet segitu., tapi yah lumayan lah ilmunya bisa dipake sampe sekarang :D

  17. Mendink dah 2 ari kerja, nahh w, baru sehari training dah malez jadi telemarketing..haha

  18. critanya aku mo lmar krja jdi tlemrketing, stelah liat komntr2 yg sya liat di blog ni, ku jadi deg degan tuk intrview. duuh mudh2an berhasil.
    doa’in yh smuanya…
    n klo da info tntang step by step mnjdi tlemrketing yg hndal, tlong bls yh.

  19. gunansyah Says:

    marketing bank dg teler market bank sm gk?kok ada yg kelapangan segala gt..tlg infonya yah?
    coz bsk sy mau nglamar

  20. yang namanya marketing kan sama aja yah pasti menawarkan, kalo secara face to face itu kan direct marketing, kalo lewat telepon kan telemarketing .. gw salah 1 telemarketing asuransi di salah 1 asuransi amerika, udah banyak gw dapet cacian, penolakan, hinaan, tapi apabila anda sukses maka uang pun ngalir terus

    jadi kalo misalnya mental anda ngga kuat yang mending silakan keluar, kalo mental anda bertahan bahkan justru meningkat ya dalam waktu 1th anda bisa merasakan gimana gampangnya beli sesuatu yang kita inginkan

    itu aja yang pengen gw tambahin :)

  21. sama dunk
    gw jg prnah jd tele di suatu bank asing, tp cuma sbulan…
    trus kmbali lg deh ke kerjaanku sbelum ny… :D
    yaa gampang gampang sulit lah…
    bner jg kata bagas, perlu kuat mental, yg brtahan dan trbiasa insya allah brhasil :D

    ada saran n kiat2 biar jd telemarketing yg sukses gag yah??

  22. dmn sya bisa belajar tele marketing

  23. gw jg telemarketing di bank mega ne, semua yg lo sampein bener banget, gw malah sempet drop bgt gara2 ga closing2 sampe 2 hari.. tp SPV gw semangatin gw terus, jdnya gw bangkit dech !! :p

  24. intinya lo harus percaya sama kemampuan lo, and lo jg harus yakin kalo produk yg lo jual itu bagus !! hehe :p

  25. susah bangat interview di bagian telemarketing, apalagi nanti kalo udah diterima kerja.
    mau nangissssss

  26. Besok aku traning jadi telemarketing di perusahaan bisnis .. Smpah blank banget baru pertama ga kebayang deh gmn nanti nya ,, huftt

  27. ada yang tau caranya bisa jd agen kartu kredit? saya mau buka usaha ini. saat ini saya karyawan di sebuah bank bumn. jika ada info,minta tolong di share ke e-mail saya arie.hapsoro@yahoo.com thanks infonya

  28. wah kok cuma 2 hari mbak, kemarin saya buat lamaran Telemarketing ke perusahaan web development, saya sih tidak memiliki background dan latar belakang marketing tapi untuk masalah IT ya tau-tau dikit. awalnya saya tidak tau telemarketing, tapi setelah tanya pihak perusahaan ternyata intinya seperti marketing tetapi caranya melalui telepon/internet dan katanya diperusahaan itu telemarketing tidak ditarget, dan yang ditarget hanya yang marketing. Sebenarnya target atau tidak ditarget itu tak masalah.

    melihat komentar-komentar di atas, kok sepertinya ada yang menganggap berat pekerjaan telemarketing itu ya, bahkan kenapa harus ada yang ingin mencari tempat belajar dulu, padahal tempat belajarnya ya langsung kerja itu kan.

    hehe maap cuma curhat, ya semoga saja saya diterima jadi telemarketing karena saya tertarik sekali dan pekerjaan ini sangat menantang saya, dan tentunya akan banyak sekali menemui berbagai karakter-karakter orang :)

    kalau saya disuruh milih antara telemarketing dengan marketing, saya memilih telemarketing, karena disini kita banyak sekali dapat ilmu komunikasi secara langsung. :)

    Terima kasih infonya, berkunjung juga di blog saya ya kak

  29. salam sukses., bagi pengalaman donk , bagi yg pernh jd telemarketig KTA ( Kredut Tanpa anggunan ) suka dukanya gmn yah ,.hehe

  30. aku baru aja ngelamar jadi telemarketing aku gak punya kemampuan apa apa kalo boleh tau pada saat interview itu di tanyakan apa saja ya?

    • niko albert Says:

      LOWONGAN KERJA
      Dibutuhkan Wanita segera utk staff Telemarketing, Pengalaman diutamakan.
      Fasilitas:
      1.Gaji Pokok
      2.Komisi
      3.Bonus
      Persyaratan:
      1.Usia 17 s/d 35th
      2.Pendidikan Min. SMP – SMA
      3.Bisa Berkomunikasi dgn baik melalui telpon.
      Jika berminat bawa surat lamaran langsung interview ke: Jl. Biak No. 41 (samping Apotek Roxy) Jakpus. Hub: cintia: 0838 0730 5194

  31. holis septianto Says:

    Menurut saya

  32. jdi tele emng gk gmpang. tapi alhamdulillah smpe skrng msh brtahan jd telemarketing KTA permata.

  33. tetep semngat aja deh mba,yang namanya hidup itu penuh dengan rintangan,sukuri aja yg udah kita dapat mba

  34. Bila berminat menjadi staff telemarketing di Surabaya, bisa kirim lamaran melalui info@suryasaranasolusindo.com

  35. Padahal besok pagi ni…sy mau ngelamar jadi telemarketing di salah satu perusahaan swasta di makassar, setelah membaca komen-komen di atas aq jadi berubah pikiran…..huufffffffffffffff. Makasih ya….infonya. Jujur aq juga kadang kesel klu di telpon sama telemarketing, apalagi di telpon pas lagi sibuk-sibuknya……jadi tambah kesell dehh……..

  36. Kalo sy jd account officer/marketing pencairan kredit ataupun pencari nasabah menabung ∂ΐ slh satu bank swasta dipapua barat.
    Sy J̶̲̅ůƍά̲ baru berjalan dua bulan krj dibank tsb,
    Target bulan pertama sy 100jt,trus pd bulan pertama itu sy cuma dpt nsbh dg pencairan 15jt sja,╋╋ム”̮•=D ╋╋ム”̮•=D ╋╋ム”̮•
    Msh jauh banget dg target,
    Trus bulan kedua target sy naik jd 150jt,
    Ţɑ̤̥̈̊pȋ̝̊̅̄ sampai tgl dan hari skrng ini sy sama skali blum dpt nasabah,
    ╬╬α╬╬α╬╬α╬╬α╬╬α╬╬α╬╬α
    Ɣɑ̤̥̈̊ªªªª☺˚ udah sabar ªjjª,ϒɑ̲̮̲̅͡ñԍ penting harus tetap smangat dan terus berusaha smaksimal mgkn mzkipun tiap hari dpt teguran dr pimpinan
    ‎​​​​‎‎​H̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍²H̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍²H̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍²H̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍²=))
    Doain ªjjª deh kawan2 smoga sy ϐisã sukses dlm menjalani pekerjaan ini
    امين … يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن

  37. telesales :) bsok hari pertama kerja :)

  38. Oya, saya mau tanya . . . gaji pokok telesales itu berapa yah? di bank mega dan mandiri?

  39. Bisa dong mba ajarin aku tutur bahasa nya yg benar,, soal nya aku alhamdulillah lg masa training di indovision mnc group mba tlg d posting ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: